Mitos dan Fakta Tentang ASI

Mitos dan Fakta Tentang ASI

Semua orang tua pasti tau tentang pentingnya ASI bagi buah hati. Selain itu ASI juga merupakan makanan utama untuk buah hati umur 0 – 6 bulan. Namun banyaknya mitos yang berhubungan dengan ASI, kadang membuat Mom’s ragu dan bingung dengan kebenarnya. Berikut beberapa mitos tentang ASI dan faktanya.

  1. Mitos : Menyusui menyebabkan payudara kendur.
    Fakta : Payudara kendur disebabkan oleh bertambahnya usia dan kehamilan.
  2. Mitos :Bayi yang terus-menerus menyusu berarti tidak mendapatkan cukup ASI.
    Fakta : ASI sangat mudah dicerna oleh bayi, sehingga bayi merasa lebih cepat lapar dari pada bayi yang tidak meminum ASI. Maka, jangan heran jika bayi yang baru lahir bisa menyusu setiap dua sampai tiga jam sekali. Cara yang efektif untuk mengetahui tingkat kecukupan ASI Sebetulnya bisa dilihat dari peningkatan berat badan bayi yang optimal dan frekuensi buang air kecil yang cukup (minimal 6 kali per hari). Ini menandakan tanda objektif kecukupan nutrisi untuk bayi.
  3. Mitos : Jika makan pedas, ASI akan berasa pedas.
    Fakta :Apa yang dimakan ibu akan dirasakan pula oleh bayi lewat ASI. Namun tidak 100% sama hanya samar-samar dan hanya bertahan paling lama 8 jam. Tetapi jangan mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan karena makanan pedas berisiko terhadap Mom’s, yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare.
  4. Mitos : Mengistirahatkan payudara dapat membuat ASI lebih banyak karena ASI tidak dihisap oleh bayi.
    Fakta : Semakin sering payudara ibu dihisap maka semakin banyak ASI yang akan keluar dari payudara ibu, karena hisapan bayi akan memberikan sinyal ke otak ibu untuk merangsang lebih banyak produksi ASI. Sebaliknya, jika ASI makin jarang dihisap maka produksi ASI akan berkurang secara otomatis.
  5. Mitos : ASI yang encer berarti kualitasnya tidak baik.
    Fakta : ASI memang terdiri dari dua bagian, yang encer dan yang kental. ASI yang encer disebut foremik (ASI awal) yang kaya akan protein dan laktosa. Kalau untuk ASI yang kental disebut hindmilk (ASI akhir) kaya akan lemak. Keduanya sangat penting untuk buah hati.

 

Ketika Mom’s mendengar berbagai mitos diatas sebaiknya Mom’s cari tahu terlebih dahulu tentang kebenaran sebuah mitos lewat sumber yang terpercaya seperti dokter atau situs kesehatan yang kredibel.

INFORMASI

KONTAK KAMI

SOCIAL MEDIA

CHAT US

2018 © bka All Rights Reserved.